Thursday, January 16, 2014

fireworks at Ijen
New Year
with @aufaazki
Berpuluh-puluh kembang api tengah dinyalakan ditengah gelap gulitanya langit parkir Ijen demi menyambut tahun baru 2014, kami pun berteriak bersama Happy New Year! sambil mengabadikan moment-moment tersebut dalam kamera kami.

Jam sudah menunjukkan pukul 1 dini hari, saat kami segera memutuskan untuk mendaki kawah ijen malam itu. Kami memulai perjalanan tepat pukul 1.30 dini hari dimana cuaca saat itu tidaklah terlalu dingin, bahkan kami berkeringat ketika baru menaiki sejauh 1 km pertama yang cukup menanjak. Perjalanan kami sangatlah seru sekali, bertegur sapa beberapa kali dengan para pendaki lainnya serta melakukan beberapa kali istirahat di spot-spot tertentu. Hingga sampailah kami di tempat peristirahatan dekat kawah ijen pada pukul 3.30 dini hari dimana bau belerang sangat dahsyatnya menusuk hidung para pendaki. Kami bahkan memerlukan beberapa kali oksigen untuk menstabilkan pernapasan kami yang terganggu oleh bau belerang yang cukup tajam. Sambil menunggu matahari terbit, kami duduk mengobrol sambil memasak air untuk pop mie yang telah kami siapkan. Seusai makan pop mie, saya, ayu dan azki berjalan-jalan menyusuri kawasan terjal menuju tambang belerang yang dekat dengan kawah berwarna hijau toska yang sangat indah. Namun sayangnya, akibat jalan yang cukup curam dan terjal, kami memutuskan untuk tidak turun terlalu jauh dan saya pun memilih untuk menikmati pemandangan tersebut diatas. Coba lihat pemandangan dari jauh begitu saja sudah indah, apalagi saat didekati ya? :)

hijau toska kawah ijen, Banyuwangi
bersama sahabat travelers

Memasuki pukul 05.30 pagi, kami memutuskan untuk segera turun dan meninggalkan area kawah ijen. Perjalanan menuruni kawah ijen memang tidak terlalu melelahkan kaki seperti halnya saat menaikinya, namun sangat diperlukan rem kaki yang maksimal dan super extreme akibat kemiringannya yang luar biasa hingga mencapai 25-35 derajat. Saat turun, kami tidak hanya sibuk melakukan rem kaki tetapi juga menyempatkan dirimenikmati pemandangan sekitar yang menakjubkan, dan sesekali mengambil foto. Seperti yang dibawah ini..

jalur terjal menuju parkir mobil ijen

jalur kelokan S didekat kawah ijen
Kami pergi meninggalkan kawasan wisata ijen pada pukul 7.30 pagi, dan segera meluncur menuju arah pelabuhan Ketapang, the last destination, Taman Nasional Baluran. Tepat pukul 9.30 kami masuk area taman nasional yang memerlukan lebih dari 4 km untuk akhirnya kami singgah di padang savana dan berburu foto-foto disana. Hari itu, tepatnya 1 Januari 2014 kawasan baluran memang padat sekali pengunjung, bahkan wisata pantai yang kami idam-idamkan terpaksa tak kami jamahi lama-lama karena padatnya wisatawan yang memenuhi area wisata Pantai Bama.

padang savana, baluran

a crowded beach, Pantai Bama
Well, karena sedikit kecewa dengan penutup liburan kali ini, kami pun melampiaskan diri dengan berfoto-foto ria di dalam mobil. Berikut beberapa foto ala selfie yang lagi ngetrend akhir-akhir ini, baik dari hari pertama hingga detik akhir kami kelelahan didalam mobil, tetap kegilaan merajai...

Pantai Pulau Merah
Alas Purwo

Kawah Ijen
Taman Nasional Baluran
Mobil

well, usai sudah liburan kami kali ini, and it was awesome trip bersama sahabat travelers, Yeni, Ahmad, Suluh, Azki, Chory, Ayu, Amin, Alfian dan Rinta. Kita memang tidak pernah menyangka dengan siapa kita akan menghabiskan waktu setahun ini, apakah akan sama dengan penghujung dan awal tahun? tidak penting untuk dipikirkan, yang pasti sempatkanlah untuk menorehkan memori indah dengan siapapun kita melaluinya! Wish a best moment, hello 2014!

kegilaan di pantai pulau merah