Tuesday, January 15, 2013

Hari ke-15 : Galau Itu Apa?

Postingan ini special buat semua orang yang sudah mengklaim saya galau semenjak postingan cerpen kemarin. True! ini bentuk pembelaan saya, karena kayaknya nyerempet dikit masalah percintaan semua orang langsung bilang galau, sedih dikit dibilang galau, ngomel dikit dibilang galau. Terus senggol dikit galau, bacok udah ga laku kali ya? mungkin karena parangnya udah tumpul :|

Jadi sebenarnya definisi galau itu apa? Standart dan parameter galau itu sebenarnya gimana? yuk cekidot hasil telusuran saya!

Berikut adalah postingan status seorang teman yang menulisnya di akun google+ 

Setuju sama kamu dik, emang bentuk nyata galau itu keadaannya seperti apa belum jelas.

Terus yang dibawah ini, menurut pendapat blogger yang saya ga tau namanya, klik disini aja kalo penasaran.
Kata galau bisa diartikan sebagai bentuk perkataan seseorang yang sedang mengalami pikiran yang tidak karuan atau dalam keadaan yang tidak menentu.
Baiklah, pikiran yang tidak karuan dan keadaan yang tidak menentu itu seperti apa jelasnya? katanya si empunya blog sih, galau itu sedih, bimbang, gelisah, bingung dan sebagainya. Lha orang sedih karena kehilangan orang yang disayanginya apakah sama dengan orang yang kebingungan cari alamat rumah? Ah, definisi ini agak sedikit memaksa, menyama-ratakan semua hal yang berakar pada pikiran yang tidak karuan. 

Asal comot definisi emang susah menemukan ke-valid-an-nya, yaudah langsung ngacir ke KBBI aja alias Kamus Besar Bahasa Indonesia!

                      
Anda bingung? saya juga :|
Tapi ternyata, definisi kacau tidak keruan memang ada di KBBI untuk istilah galau. Sayang tidak ditemukan penjelasan lebih jauh didalamnya, meskipun sudah saya coba meng-klik cari penggunaan lain kata galau.

Masih dengan ketidak-puasan yang menggelayut, saya cari kembali makna ataupun mungkin penjelasan dari istilah galau yang sudah meraja-lela terutama di kalangan remaja dan masyarakat umum yang lebih jauh lagi. 

Tarraa.. saya menemukannya di salah satu laman milik kompas, berupa opini yang menurut saya ringkas dan padat sekali isinya. Terima kasih Fandy Sido yang telah memberikan pencerahan kepada saya dan mungkin mereka yang masih meraba-raba makna sebenarnya galau. Yasudah, ga pake banyak bahasan lagi, langsung lahap saja opininya fandi di kolom opini kompasiana.com disini. Selamat menikmati!

(fatimahghaniem - 15 Januari 2013)

2 comments:

  1. Jadi? Anda galau? dan kenapa saya sekarang disebut "miss galau" ? -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. please-please cek ulang deh tulisanku diatas, this is the clarification zur.. biar orang ga gampang bilang galau haha. nah kalo elu udah jelas galaunya miss moody :p

      Delete