Sunday, January 20, 2013

Hari ke-19 : Debatastic!

Debatastic adalah istilah yang diperkenalkan oleh best friend saya, @Roceano yang pernah menjabat sebagai Coordinator FEDS (FORMASI English Debate Society) untuk memotivasi semangat teman-teman berlatih debat. Terlepas dari istilah tersebut, semangatnya untuk memotivasi orang untuk berlatih debat sepanjang masa jabatannya membuat saya akhirnya berpikir so why not if I am trying? Mungkin pada akhirnya saya tidak bisa se-addicted yang lain dalam hal debat termasuk achievement. Yet, no needs to be false untuk kembali menelusuri awal mula karir debat saya kan?

FORMASI UB Delegations of SMASH
Berawal dari acara internal competition yang saya ikuti bersama @nonypoo dan bahkan kami tidak mendapatkan satu pun victory points dalam 3 round, kami akhirnya ikut intensive practice untuk kompetisi SMASH! Wait, kompetisi SMASH bukan berarti kami pindah jalur menyanyi dan menari layaknya boyband Indonesia tersebut! Tidak, tidak.. SMASH (SMANISDA Open Debate) adalah kompetisi English Debate pertama yang kami ikuti, yang diadakan oleh Osis SMAN 1 Sidoarjo (ini dulu sekolahnya si @tambahganteng, anyway kok mau ya mereka nerima dia?) se-tingkat Jawa Timur. Waktu itu, saya masih sangat cupu sekali tentang debate, tidak bisa membedakan prioritas argumentasi. Yet, Bersama-sama @nonypoo dan @gitapriyandhani, saya mendapatkan yang namanya great experience, bisa masuk octofinal sebagai 16 besar tim terbaik di Jawa Timur.

FORMASI UB won some trophies on SMASH 2011
Selanjutnya saya menjadi single fighter untuk tetap menikmati debate di awal tahun perkuliahan saya, sebab as @nonypoo has said dia belum berminat lagi untuk melanjutkan karir debatenya, bahkan sampai sekarang! (I really don't understand her stance -.-) Kompetisi kedua saya adalah SODE, Surabaya Open Debate yang diadakan di SMAN 2 Surabaya yang merupakan kompetisi tingkat nasional. Memang saya tidak berhasil masuk ke babak 16 besar, tetapi seru sekali kompetisinya bisa ketemu banyak debaters dengan argumentasi yang wow!

Memasuki awal ajaran baru, muncullah bibit-bibit debaters baru di FEDS seperti @PatraLicous dan @zem_zemy yang menjadi teammate saya di EJVED 2011. Kompetisi yang sangat menyenangkan, mengharukan dan sarat emosi karena kami terpaksa harus melawan kawan sendiri di babak penyisihan dua kali, dan kami kalah kedua-duanya.

Kemudian, di tahun 2012 pertama kalinya saya turun sebagai N1 Adjudicator atau istilah bahasa indonesianya adalah juri peserta di ITS Open Debate yang merupakan kompetisi tingkat nasional. Well, kompetisi ini berisikan banyak sekali veteran debaters yang ilmu ke-debat-annya keren ikut serta sebagai PESERTA! Rasanya dulu saya kayak bunuh diri aja sewaktu mengiyakan tawaran @adityajanu untuk menjadi tim N1 Adjudicatornya. Disana pertama kalinya saya men-juri tim sebagus dan sebesar UGM yang mempunyai Alvin dengan flawless speechnya, Itu keren banget, argumentasinya rapi dan saya ga tau harus kasih constructive feedback apaan. Berasa bego banget deh saya waktu itu! Tetapi ga disangka-sangka saya bisa masuk 15 Best Adjudicator di tournament ini, thank you ITS for such remarkable experience! Kalo penasaran, disini ada liputan singkat tentang ITS Open 2012.

FORMASI UB Delegations on SMASH 2012
Semakin memasuki 2012 saya jadi semakin sering turun sebagai N1 Adjudicator, mungkin karena merasa enjoy dan lebih dapet ilmu. Berikut kompetisi selanjutnya yang saya ikuti hanyalah SMASH 2012 yang saya turun sebagai debater dan lolos hingga perempat final. Sedangkan kompetisi yang saya turun sebagai tim juri adalah JOVED (Java Overland Inter-Varsities English Debate) yang pernah saya ceritakan di postingan sebelumnya, Joved and Me... kemudian English Festival di Unila Lampung dan terakhir saya menjadi Invited Adjudicator atau Juri Undangan di IR-Fest milik Himahi UB dan EJVED (East Java Varsities English Debate ) milik Legato UM.

FORMASI UB Delegations on E-Fest Unila Lampung
Feel the taste of the debate, it is really debatastic! Menyenangkan! Bukan hanya ilmu dan teman yang kita dapatkan lho, tapi juga melancong kemana-mana. Mungkin memang saya lebih banyak turun di sekitar Surabaya dan Malang, tapi saya juga pernah ikut ke Purwokerto di UNSOED JOVED kemudian E-Fest Unila di Lampung. Mengesankan lho bisa sekalian wisata kuliner dan berkunjung ke tempat-tempat asyik disana. Regulasi saya tahun ini bisa ikut lagi kompetisi dan tournament di luar Surabaya dan Malang, semoga saja bisa terwujud ya! Maklum, sebagai anak tunggal terkadang terkendala izin, haha. Masih banyak kompetisi diluar sana yang menggiurkan seperti IVED di Bandung kemarin, MDO dan SIDEO di Malaysia and so many others!

Having Lunch together at HokBen Malang
Terakhir, saya mau berterima kasih deh sama FORMASI UB yang memberikan saya banyak ilmu dan kesempatan terutama dalam dunia debating dan adjudicating. Terima kasih juga untuk Universitas Brawijaya atas dukungan semangat dan dananya, semoga tidak bosan untuk terus supporting kegiatan-kegiatan kami.

(fatimahghaniem - 20 Januari 2013)

No comments:

Post a Comment